BARON SEKEBER

Seorang Pria bernama Baron Sekeber keturunan Spanyol yang berpetualang menjelajah dunia untuk mencari rempah-rempah di belahan dunia timur. Kapal nya pecah dihantam ombak Laut Jawa. Ia berenang menuju Pantai Utara Pulau Jawa. Jiwa petualangnya mengharuskan ia berusaha hidup melawan ganasnya alam. (Survival Alive). Sampailah ia di daerah Pati. Bajunya compang-camping di gulung Ombak Jawa. Rambut coklat mata biru menjadi perhatian penduduk setempat, dianggap orang aneh yang muncul dari permukaan air. Dia menggunakan bahasa isyarat bila berkomunikasi dengan penduduk setempat.

Baron kemudian tinggal di hutan daripada bergaul dengan masyarakat, karena penduduk masih menatap curiga terhadap Baron. Meskipun demikian Baron sering turun gunung untuk melihat-lihat keadaan Kota Pati. dia berkeliling desa.

Pada suatu ketika Baron Sekeber bertemu dengan seorang gadis yang bernama Rara Suli, ia langsung jatuh hati. Rara Suli adalah seorang gadis pendiam dari Desa Kemiri. Dia termasuk Gadis desa yang tidak laku rabi (kawin), kebanyakan gadis seusianya sudah berumah tangga. Baron Sekeber pun berkenalan dengan Rara Suli. Hanya gadis itulah yang mau berkomunikasi dengan Baron Sekeber, sehingga sangat akrab dan rar Suli mengajarinya Bahasa Jawa.

Sewaktu Rara Suli sedang berada di sungai, diketahui oleh Baron Sekeber, ia mendekati Rara Suli untuk diajak berhubungan intim layaknya suami istri. (diajak senang-senang, asyik-asyikan). Hal ini dilakukan berulang kali, akhirnya ada penduduk yang mencurigai glagat tersebut. Kemudian masyarakat setempat sepakat untuk menyelidiki Isyu tersebut.

Penduduk setempat pagi-pagi betul sudah berada di pinggir kali menanti kedatangan Rara Suli yang sedang mandi, selang beberapa detik kemudian menit kemudian datanglah Baron Sekeber keluar dan menemui Rara Suli yang sedang mencuci pakaiannya. Rara Suli melepaskan pakaiannya kemudian mandi bersama di dalam sungai. Tanpa sepengetahuan mereka berdua, kelakuan mereka diketahui oleh masyarakat setempat dan petinggi Kemiri, mereka berdua ditangkap dan dilaporkan kepada Adipati Pati Joyo Kusumo.

Baron Sekeber bertemu dengan Jaya Kusumo, terjadilah Perang tanding, namun keduanya sama saktinya, keduanya tidak ada yang menang dan yang kalah. Kemudian Baron Sekeber pamit minta waktu selama 40 hari, ia kembali ke pasangrahannya dan mempersiapkan ilmu kanuragaan untuk melanjutkan lagi pertempuran ditempat itu juga.

Jaya Kusumo kalah dan ia mohon diri untuk kemudian pergi berguru di Padepokan Kunduruan Gunung Muria. Jaya Kusumo mengeluh pada gurunya, ia mengatakan pertempurannya dengan Baron Sekeber, kalah dalam pertandingan itu. Akhirnya ia minta bantuan kepada Bapa angkatnya, yabg berdomisili di Kunduran menjawab

Joyo Kusumo kamu gak bisa menang, sama baron Sekeber kalau tidak saya Bantu

iya, Saya harus gimana?

Besuk saya tak buat mendung biar dia bosan, kemudian ajak lomba slulup lama didalam air, pasti dia tidak kuat, sedangkan kamu sudah saya buatkan gua untuk sembunyi dan bernafas.” Akhirnya keduanya bertemu untuk mengadakan lomba slulup, Joyo Kusumo telah berbuat curang. Baron Sekeber kalah, kemudian ia menjadi abdi Kadipaten Pati sebagai pengurus kuda Joyo Kusumo.

Roro Suli hamil dan melahirkan dua anak, diberi nama Jerwenda dan Janurwenda. Kejadian itu dilaporkan oleh petinggi Kemiri kalau ada wanita melahirkan tapi tidak punya suami. Roro Suli dibawa kekadipaten dan dihadapkan pada Bupati Pati untuk dimintai keterangan, stelah tiba dihadapan Bupati, nggak tahunya Bupati tertarik dengan Roro Suli.

Adipati Joyo Kusumo berhasil mengalahkan Baron, ia ingin melaporkan dan mengucapkan banyak terima kasih pada Eyang Kundurun, Joyo Kusumo menghadap ke Eyang Kunduruan dengan membawa kedua anak Rara Suli sebagai teman diperjalanan.

Sesampai di Kenduruan, kedua bocah itu tadi saling bermain sepuas hatinya, akhirnya dua bocah tadi masuk dalam padasan/tempat air wudhu. Saat bapa Kanduruan hendak mengambil air wudhu, kaget kok ada bocah bisa masuk dalam padasannya, dua orang lagi. Lalu kedua bocah tadi disuruh keluar. Joyo Kusumo ditanyai

Ini anaknya siapa?

Joyo Kusumo mengangguk bahwa Janurwendo dan Sirwendo adalah anaknya dengan Roro Suli, kemudian ia menceritakan kepada Eyang Kunduruan tentang pertemuannya dengan Rara Suli.

Bukan ini tidak anakmu, ini anak Roro Suli dengan Baron Sekeber” Joyo Kusumo dibisiki bahwa kedua anak ini berbahaya bila hidup di Kadipaten akan merorong kewibawaan Joyo Kusumo. Mereka memiliki kesaktian yang diturunkan bapaknya.

Mendengar cerita itu Joyo Kusumo menjadi bimbang, kemudian ia mau menguji kesetian kedua anaknya, dengan pura-pura tidur, sebelumnya ia berpesan agar ketika dia tidur jangan sampai ada nyamuk yang menggigitku.

Joyo Kusumo tidur ditunggui kedua anak tersebut, Janurwendo membuat panah dari batang daun padi untuk memanah nyamuk. Keahlian memanah yang diajarkan oleh Baron Sekeber. Sehingga tepat sekali dalam mebidik sasarannya. Setelah Jaya Kusumo bangun heranlah dia,

lho kok banyak nyamuk yang mati kena panah Padi, siapa yang memanahnya?

Saya Romo” jawab Janurwendo, Joyo Kusumo teringat pesan Bapa Kunduruan, kalau bocah ini bakal dapat merorong kewibawaanya, terus berpikir bagaimana caranya kedua anak ini mati. Lalu kedua anak ini dikejar-kejar, lama-lama bertambah besar dan trengginas kedua bocah tadi. Bapa Penjalingan, patihnya Joyo Kusumo lalu mencolot mak Blebert, maka desa itu dinamakan Bleber. Janurwendo dikejar dan dikenai senjata Jiglong. Maka menjadi desa Jiglong. Kemudian patih Penjalingan melapor pada Adipati Joyo Kusumo kalau keadaan sudah aman,

ADIPATI  PRAGOLA  I

Sultan Pajang Hadiwijoyo menghadiahi dua wilayah yaitu Alas Mentaok dan Bumi Pati. Kepada ke empat orang yaitu Ki Ageng Pemanahan, Ki Ageng Penjawi, Juru Mertani, dan Sutowijoyo (anak Ki Ageng Pemanahan), mereka telah berhasil membunuh Aryo Penangsang Penguasa Jipang Panolan. Ki Ageng Penjawi mendapat Alas Mentaok sedangkan Ki Pemanahan, Ki Juru Mertani, Sutowijoyo mendapan Bumi Pati, namun Ki Pemanahan memohon kepada Hadiwijoyo untuk menukar hadiah tersebut. Ki Ageng Pemanahan menginginkan Alas Mentaok dan ditukarkan wilayah Bumi Pati kepada Ki Ageng Penjawi.

Ki Penjawi menerima permintaan Ki Ageng Pemanahan, untuk lebih mengakrapkan dua wilayah tersebut, Ki Penjawi besanan sama Ki Ageng Pemanahan yaitu mengawinkan Sutowijoyo dengan putri Ki Ageng Penjawi kakak Joyo Kusumo.

Joyo Kusumo sering membantu Sutowijoyo dalam bertempur melawan Madiun. Ketika Panembahan Senopati menggunakan taktik perang supit kalajengking, Pangeran Mangkubumi Disayap kiri, Pangeran Singasari dan Demak di sayap kanan. Sedangkan Panembahan Senopati, Joyo Kusumo bersama Adipati Pajang membantu menyerang dari tengah dibawah pimpinan Mandaraka.

Akhirnya Madiun jatuh, terjadi pembumihanguskan Wirasaba semua rampasan dibawa ke Mataram, termasuk putri cantik Retna Jumilah yang sebelumnya mengadakan perlawanan dengan menyamar sebagai kesatria menantang Sutowijoyo, namun Retna Jumilah dapat ditundukan kemudian diboyong ke Mataram.

Adipati Pati berkunjung ke Pati untuk melihat kakaknya, Pemboyongan Putri Madiun ke Istana membuat Adipati Joyo Kusumo tidak senang, Ia teringat nasib kakak perempuannya Rara Sari yang akan dimadu, dan tersisihkan oleh kehadiran Retno Jumilah di keraton. Kakaknya menyuruh Adipati untuk bersabar. sehingga ia mohon pamit dahulu untuk kembali ke Pati.

Adipati membangun Kota Pati agar menjadi kadipaten yang kuat dan makmur, bersama pasukannnya dia menciptakan pasukan yang tangguh. mereka juga melatih prajurit-prajurit baru yang diambil dari rakyat Pati. Mereka dilatih menggunakan senjata untuk berperang melawan musuh-musuh Pati. Rakyat pati sangat segan dan bangga dengan Adipati, yang membawa kemajuan Kadipaten Pati.

Dalam perjalanan waktu Adipati Jaya Kusumo sering berkunjung ke Mataram untuk melihat keadaan kakaknya, sikap kakaknya yang terlalu pasrah mengabdi sebagai istri setia, terhadap Panembahan Senopati, dia menghadap ke Mataram dengan mengendarai Kuda pilihan yang bagus. Sehingga membuat Sultan Mataram tertarik untuk memiliki, maka sultan menukar kuda itu dengan Kerbau dan diberi nama Pragola, sepanjang perjalanan ia diolok-olok sama anak kecil

Raja Pati miskin kendaraannya kerbau…., masih kaya Raja Mataram kendaraannya kuda”.

Joyo Kusumo pulang dengan perasaan dongkol, namun karena persaudaran yang telah dibangun diantara keduanya, maka Joyo Kusumo hanya bisa sabar.

Sultan mengundang para adipati ke Mataram, namun Joyo Kusumo tidak hadir, karena Adipati lebih konsentrasi pada pembenahan kota Pati ia sibuk dengan kegiatan di Kadipaten Pati sehingga lupa untuk hadir ke Mataram. Dalam pertemuan di Mataram, terkadang diwakilkan oleh anak buahnya.

Suatu ketika Adipati Joyo Kusumo I merintahkan anak buahnya untuk menghadap ke Mataram guna menayakan hak atas tanah pedesaannya di sebelah Utara Pegunungan Kendeng dan juga meminta 100 tombak. Akhirnya Panembahan Senopati menyerahkan senjata yang diminta Joyo Kusumo tapi tidak disertai dengan sarungnya, hal ini membuat Adipati Joyo Kusumo sebagai bentuk penghinaan dan menganggap Mataram mau menantang perang dengan Pati.

Setelah utusan Pati kembali dan menghadap Joyo Kusumo, maka oleh beliau diperintahkan mempersiapkan pasukan untuk mengadakan pembersihan didaerah perbatasan dan mengadakan pelucutan senjata di daerah utara Pegunungan Kendeng, semua menyerang dan tunduk kepada Joyo Kusumo. Kecuali Demak yang masih bertahan di Benteng, dan pasukannya kecil sehingga tidak menjadi perhitungan Joyo Kusumo.

Joyo Kusumo memiliki banyak prajurit, mereka berkumpul untuk mengadakan perlawanan dengan Mataram. Sepanjang perjalanan menuju Mataram, mereka melucuti senjata, menjarah dan menaklukan semua desa yang dirampas oleh Mataram. Desa tersebut dimerdekakan dan disuruh membantu untuk menyerang Mataram.

Adipati Pajang melaporkan kondisi yang terjadi di daerah perbatasan Mataram dengan Kadipaten Pajang, bahwa Adipati Pati telah masuk ke wilayah pajang dan mengobrak-abrik Kadipaten, sehingga banyak prajurit yang lari menyelamatkan diri.

Sudah tiga kali Joyo Kusumo tidak hadir di Mataram dan tidak mengirimkan persembahan (upeti) kepada sultan. Kemudian datanglah utusan Mataram ke Kadipaten Pati. Untuk menanyakan kabarnya Adipati Pragola II.

Akhirnya Kerbau yang pernah di berikan kepada Pragola itu dipotong kepalanya kemudian dibungkus dengan kain merah. Kemudian Patih Penjalingan disuruh untuk menyerahkan kepada Mataram. Marahlah Sultan Mataram sehingga ia memerintahkan pasukannya untuk berangkat ke Kadipaten Pati.

Panembahan Senopati mau turun langsung menghadapi Adipati pati, namun berhasil dicegah oleh istrinya yang juga merupakan kakak perempuan Adipati Pati, ia mengusulkan biar anaknya saja Raden Rangga yang dikirim untuk menemui Joyo Kusumo. dengan maksud agar tidak terjadi perang, dan ditempuh dengan jalur damai.

Biar Pangeran Mahkota saja yang akan menanyai apa maksud Pamannya mempersiapkan prajurit di tapal batas dan membuat huru-hara di Pajang.” Bujuknya Istri Panembahan Senopati, sebab bila Panembahan Senopati yang turun tangan langsung maka tak hayal lagi perang akan terjadi.

Pangeran Mahkota di kirim ke perbatasan dengan pengawalan prajurit yang amat banyak, kemudian mereka bergerak ke Prambanan sedangkan pasukan Pati bergerak ke Kemalon. Masing-masing beristirahat kelelahan setelah melakukan perjalanan panjang. Diperbatasan antara Waliyah Pajang dengan Mataram, Pangeran Mahkota diperintahkan Panembahan Senopati untuk segera menemui Pamannya Joyokusumo, ia dikawal hanya dengan beberapa pasukan yang membawa panji-panji Kerajaan Mataram.

Hay kemana bapakmu.. tidak berani kesini..takut bila bertemu adik iparnya” Joyo Kusumo mengejek keponakannya. Sehingga darah mudanya mulai naik.

paman, saya disuruh Romo untuk mengantar paman untuk menghadap ke Mataram” Pangeran Mahkota balas menyindir pamannya yang dianggap telah mbalelo terhadap Mataram. Panji-panji Mataram yang sedikit berkibar ditengah ribuan pasukan Pati.

Saya tidak mau kesana, kalau bapakmu mau ketemu saya suruh dia kesini, biar saya kasih tahu bagaimana caranya menghormati orang” sikap membangkang ini seringkali dilakukan oleh Joyo Kusumo terhadap Mataram, tapi kemudian reda kembali karena masing2 pihak ada yang menahan, di Mataram ada Ki Juru Mertani sedangkan di Pati juga diredakan oleh para sesepuh termasuk keluarga. Namun kali ini kemarahan Joyo Kusumo tidak bisa ditahan lagi. Akhirnya Perang adalah solusinya.

Tapi paman, alangkah baiknya bila paman yang datang kesana, sebab Romo adalah raja agung yang membawahi Bumi Jawa, bukankan paman bawahannya romo” Pangeran Mahkota meremehkan penguasa Pati.

Saya tidak mau kesana, Bumi Pati adalah bumi merdeka tidak menjadi bawahan Mataram” kuping Pangeran Mahkota menjadi merah mendengar ucapan Adipati Pati. Dia mengambil tombak dan dihujamkan berkali-kali di dada Adipati.

Terus nang, habiskan tenagamu untuk menusuk saya, aku tidak mundur!, bocah kemarin sore aja sudah berani sama orang tua!” Adipati tertawa terbahak-bahak melihat keponakannya yang menusukan tombak ke dadanya berkali-kali. Adipati tidak terluka sedikitpun karena tubuhnya memakai pusaka “Kere Wojo” pemberian baron Sekeber. Gantian keponakannya yang dipukul dengan gagang tombak sehingga ia terpental jatuh dari kudanya.

Bilang sama bapakmu, Bila Panembahan Senopati laki-laki tak tunggu diperbatasan. Siapa yang dianggap penguasa Jawa, saya tantang dia sebagai seorang laki-laki, tunjukan kestriamu, jangan anak ingusan yang dikirim!” Pangeran Mahkota tergeletak di tanah hampir saja diinjak oleh kaki kudanya sendiri. Pasukan Mataram membawa Pangeran Mahkota yang terluka akibat ganggang tombak. Mereka kembali ke Prambanan.

Adipati Pati I menyerang hingga pasukan Mataram kabur melarikan diri, mereka mengejar sampai perbatasan, Adipati teringat pesan sang guru Ki Ajar Pulo Upih (guru spiritual yang berasal dari Pulau Mandoliko). Ia menunggu di daerah Prambanan berbulan-bulan,. Namun pasukan Mataram belum datang. Akhirnya ia pulang dulu untuk bertemu dengan kawulanya.

Pragola kembali ke Desa Dengkeng, ia bersama prajurit membangun kubu pertahanan dari batang pohon-pohon kelapa. Ia menunggu kedatangan Panembahan senopati ke Dengkeng. Panembahan Senopati marah besar sebab Adipati Pati telah berani memukul anaknya yang sekaligus keponakan Adipati-Pati sendiri.

Setelah siuman Pangeran Mahkota lapor kepada Romo dan ibunya. Ia mengadu kepada orang tuanya, bahwa ia telah diperlakukan kekerasan sehingga dapat melukai wajah tampannya. Pangeran Mahkota merasa sakit hati akibat ejekan tersebut… Mendengar laporan itu Adipati Pati marah. terpancing emosinya, memberitahukan kepada istrinya,. kondisi ini dimanfaatkan Panembahan Senopati untuk menjelek-jelekan Kakak ipar dihadapan istrinya.. Sehingga ia memohon, kepada istrinya agar segera mengijinkannya menuju ke medan perang.

“Kalau begitu saya tidak keberatan bila Adipati Pati dibunuh, karena dia sudah tidak sayang lagi kepada keponakanya sendiri” Panembahan Senopati berangkat perang dengan naik kuda, beristirahat di Prambanan. Pada tengah malam ia melanjutkan lagi berangkat menuju ke Kadipaten Pati. Di luar Benteng Pragola, pasukan Mataram berteriak-teriak Dan Kyai Bicak dipukul bertalu-talu.

Keris Culik Mandaraka milik Panembahan Senopati merupakan pusaka sakti berhasil mematahkan tiga batang pohon kelapa yang dijadikan benteng pertahanan. Kemudian Panembahan Senopati bisa memasukinya dengan mengendarai kuda, mengocar-ngacir Pasukan Pati.

Adipati Pati mundur kembali ke Pati, kemudian ia mengumpulkan Bupati-bupati disekitarnya untuk memepersiapkan pasukan untuk menyerang kembali ke Mataram. Pada saat prajurit Pati berangkat kembali ke perbatasan, terjadi bencana alam Gunung Meletus, daerah Dengkeng yang dijadikan benteng pertahanan Pasukan Pati dialiri lahar panas, sehingga banyak pasukan di kedua pihak yang mati terkena letusan gunung berapi. Perang mengalami jeda beberapa hari.

Pasukan Mataram masih mengejar sisa-sisa Pasukan Pati yang masih membikin keributan di daerah perbatasan. Sementara itu Adipati pati bersama sisa-sisa pasukan menuju ke Gunung Pati di desa Palalangan, mereka menghindari letusan gunung berapi selain itu untuk menyusun kekuatan menyerang Mataram kembali.

Cerita Baron Sekeber berasal dari Babat Pati, dan banyak cerita tutur yang berkembang di daerah Pati.

Hal ini teringat pesan yang pernah diramalkan oleh Sunan Giri, bahwa nanti daerah alas mentaok akan menjadi Kerajaan besar.

Taktik ini juga diterapkan Mataram menyerang Pati, Pangeran Diponegoro juga memakai strategi ini untuk melawan Belanda.

Sehingga ada sendratari yang menggambarkan perangnya Panembahan Senopati dengan Retno Djumilah.

Adipati pulang ada beberap versi yaitu ada yang bilang ke pulangannya ke Pati karena tidak tahan melihat Panembahan Senopati yang bersenang-senang dengan Retna Jummilah ketika perang baru selesai. Versi kedua Bahwa Adipati Joyo Kusumo pulang karena takut akan kekuasan Panembahan Senopati, yang rakus kekuasaan,

kuda yang dikendarai Adipati Pati dipelihara oleh Baron Sekeber, karena kalah bertanding dengan maka Baron Sekeber dijadikan Tukang rawat Kuda Adipati.

Kematian Adipati Pati pada tahun 1600 masih menjadi misteri ada 3 versi ; versi pertama ia meninggal di Gunung pati, ada versi kedua ia ikut mati terkena bencana Alam, versi ketiga ia dibunuh oleh Panembahan Senopati. Jatuhnya kadipaten Pati menjadi membuat kerajaan Mataram dipersalahkan atas terjadi tragedy itu. Tentara Anaknya Panembahan Senopati dianggap sebagai biang keladi sebab berdasarkan laporan, maka terjadilah perang antara Pati dan Mataram tidak bisa dihindari.

About these ads

Tentang admin

Sesuatu yang baik, belum tentu benar. Sesuatu yang benar, belum tentu baik. Sesuatu yang bagus, belum tentu berharga. Sesuatu yang berharga/berguna, belum tentu bagus.
Tulisan ini dipublikasikan di Legenda dan tag , , , , . Tandai permalink.

14 Balasan ke BARON SEKEBER

  1. indahbegituindah berkata:

    cerita yang bagus pak…
    sayangnya anak kecil pada masa sekarang kurang dikenalkan dengan cerita2 rakyat seperti ini…

    • irfan berkata:

      betul itu..
      makanya anaj zaman sekarang kurang tau kenapa bisa dinamakan pati…
      walaupun dipewayangan sudah ada

    • TINA berkata:

      DULUNYA AKU TIDAK PERCAYA SAMA BANTUAN DARI PERAMAL TOGEL,TAPI SEKARANG AKU SUDAH PERCAYA KARENA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN SENDIRI.KARNA ANGKA YG DI BERIKAN 2D3D4D_ BENAR2 TEMBUS 100% ALHAMDUHLILLAH DPT 120 JUTA.DAN SAYA SELAKU PEMAIN TOGEL,DAN KEPERCAYAAN ITU ADALAH SUATU KEMENANGAN DAN SAAT SKRAG SY TEMUKAN ORANG YG BISA MENGELUARKAN ANGKA2 GAIB YAITU KI.RONGGENG,,JIKA ANDA YAKIN DAN PERCAYA NAMANYA ANGKA GOIB ANDA BISA HUBUNGI LANSUNG KI.RONGGENG DI NO;085=256=200=352 SAYA SUDAH BUKTIKAN SENDIRI ANGKA GOIBNYA DEMIH ALLAH DEMI TUHAN.ini kisah nyata saya terimah kasih…………….?

    • P.GUNTUR (NTT) berkata:

      Sekian lama saya bermain togel baru kali ini saya benar-benar merasakan yang namanya kemenangan 4D dan alhamdulillah saya dpat dan semua ini berkat bantuan angka dari NYAI KANTIL karena cuma Beliaulah yang memberikan angka goibnya yg di jamin 100% tembus awalya saya bergabung hanya memasang 100 ribu karna saya ngak terlalu percaya ternyatah benar-benar tembus dan kini saya ngak ragu-ragu lagi untuk memasang angkanya,,,,buat anda yg butuh angka yang dijamin tembus hubungi NYAI KANTIL DI 085=321-183=160 insya allah beliu akan menbatu kesusahan anda apalagi kalau anda terlilit hutang trima kasih�,,,,,,,,,

  2. noh ulum syah berkata:

    bagussssss……………………………….

  3. dildaar80 berkata:

    waw..

    ada link bagus nih pak..perang jawa lawan mongol

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3532077&page=15

  4. Muslih berkata:

    Crita tntang snan muria vs sampokong krang lngkp.klau bleh bcra sdkit ttang cerita ini mngkn bnr atau tdknya ini kn legenda tpi ada petilasan/bkasnya.awal crta snan ke bkit yg skrng di nmai suwedo/suwe2 gk sido(lama2 gk jdi)di sblah tmur rowo.dlu sih msih ada umpak/ttakan tiang di suwedo.snan mau bkn msjid di stu dn rncana klau mninggl y di stulh etar mkamnya.tpi ada kpal lwat.yaitu kpal sampokong.di hdnglh kpal itu di tnya mau kmna di gnng kok bwa kpal.sya mau mlamar dn ini kn rowo mkanya bsa di lwati kpl.kta sampokong dn kpal itu mmbwa emas di dlm peti.yg 1 bilang gnng 1 lgi blng rowo.sma2 gk ada yg mau ngalh jdlah nma GN ROWO.ahirnya kpal sampokong pcah di tngh rowo tptnya di bwah kali corongan.smpai skrng tmpt itu ada mta airnya dn tnah yg bkas di lwati air psti wrnanya kuning kya bks krat.stelh kpal pcah sampokong lari ke utra smbil mmbawa peti yg brisi emas.tpi smpai di pnggr rowo emas itu tmpah.smpai skrng klu hbis hjan wrga skitr kdang msih ada yg dpt emas murni btngan.dn tmpt itu di nmai celik/kecelek dlm bhsa indon artinya kcewa.snan naik lgi ke gnng yg skrng di nmai gnng muria,sampokong lari ke arh laut utra.stlah rowo kring di huni wrga jdlah 2 dsa wktu itu.ada 2 kubran wlayah brat tpatnya di smpng kli brambang yg tmr di brat tanggul yg kcil.di kmpng tdi ada 2 sendang/mata air yg dlu di nmakn sndang ngantenan dn sndng bandengn.crita sndng ngantenan,dlu wrga sktar ada yg meresmikn prnikhn.blum sminggu psangn pngantn itu bedug2 kta wrga sktar.atau siang blong dlm bhasa indon.prgilh psangn pngantn itu ke sndng utuk mandi.dn hlanglh mreka di sndng itu.mngkn ddemt sndng itu yg ngajk mreka.jdi sndng itu di nmai sndng ngntenan.adt jwa orng yg hbs nkh blm sepasar/smnggu gk blh prgi hrs ada yg nmanin.klau sndng bndengn dlu wktu ada sdkh bmi wrga pda slmtan di sndng.bw nsi ambengn yg atsnya ada ikn bndngnya.pda sat hbs d mkn ikn bndng yg tgl duri dn kpla d bng ke air tpi ikn yg gk ada dgng bsa hdp dn brnang.jdi di nmkn sdng bandengn.msh ada klnjtn ttng blnda tpi sgini dl y.dri muslih 085280088995

  5. Muslih berkata:

    Crita tntang snan muria vs sampokong krang lngkp.klau bleh bcra sdkit ttang cerita ini mngkn bnr atau tdknya ini kn legenda tpi ada petilasan/bkasnya.awal crta snan ke bkit yg skrng di nmai suwedo/suwe2 gk sido(lama2 gk jdi)di sblah tmur rowo.dlu sih msih ada umpak/ttakan tiang di suwedo.snan mau bkn msjid di stu dn rncana klau mninggl y di stulh etar mkamnya.tpi ada kpal lwat.yaitu kpal sampokong.di hdnglh kpal itu di tnya mau kmna di gnng kok bwa kpal.sya mau mlamar dn ini kn rowo mkanya bsa di lwati kpl.kta sampokong dn kpal itu mmbwa emas di dlm peti.yg 1 bilang gnng 1 lgi blng rowo.sma2 gk ada yg mau ngalh jdlah nma GN ROWO.ahirnya kpal sampokong pcah di tngh rowo tptnya di bwah kali corongan.smpai skrng tmpt itu ada mta airnya dn tnah yg bkas di lwati air psti wrnanya kuning kya bks krat.stelh kpal pcah sampokong lari ke utra smbil mmbawa peti yg brisi emas.tpi smpai di pnggr rowo emas itu tmpah.smpai skrng klu hbis hjan wrga skitr kdang msih ada yg dpt emas murni btngan.dn tmpt itu di nmai celik/kecelek dlm bhsa indon artinya kcewa.snan naik lgi ke gnng yg skrng di nmai gnng muria,sampokong lari ke arh laut utra.stlah rowo kring di huni wrga jdlah 2 dsa wktu itu.ada 2 kubran wlayah brat tpatnya di smpng kli brambang yg tmr di brat tanggul yg kcil.di kmpng tdi ada 2 sendang/mata air yg dlu di nmakn sndang ngantenan dn sndng bandengn.crita sndng ngantenan,dlu wrga sktar ada yg meresmikn prnikhn.blum sminggu psangn pngantn itu bedug2 kta wrga sktar.atau siang blong dlm bhasa indon.prgilh psangn pngantn itu ke sndng utuk mandi.dn hlanglh mreka di sndng itu.mngkn ddemt sndng itu yg ngajk mreka.jdi sndng itu di nmai sndng ngntenan.adt jwa orng yg hbs nkh blm sepasar/smnggu gk blh prgi hrs ada yg nmanin.klau sndng bndengn dlu wktu ada sdkh bmi wrga pda slmtan di sndng.bw nsi ambengn yg atsnya ada ikn bndngnya.pda sat hbs d mkn ikn bndng yg tgl duri dn kpla d bng ke air tpi ikn yg gk ada dgng bsa hdp dn brnang.jdi di nmkn sdng bandengn.msh ada klnjtn ttng blnda tpi s

  6. RENNO berkata:

    wehhh perang ,, alluk damaii waeeee,,,
    ning cerito ki apikk rek….. (BACALAH)

  7. anton berkata:

    makam baron sekeber dimana om ?

  8. muna mao chien berkata:

    apa memang benar perang tanding antara joyo kusumo dengan baron skeber berlatar belakang politik??? atau ada latar belakang cinta segitiga antara joyo kusuma rara suli dan baron skeber?

  9. isnaini berkata:

    ada mp3 ketoprak nya ga’ om??

  10. PAK YUNUS KALTIM berkata:

    SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH KEPADA KI AKENG, YG SUDAH MEMBANTU KESUSAHAN SAYA DENGAN MEMBERIKAN NOMOR TOGEL KEPADA SAYA.
    SAYA SANGAT BERSUKUR SEKALI KARENA NOMOR YG DIBERIKAN 4D(6871) TEMBUS 100%.
    BERKAT SEMUA ITU SAYA SUDAH LUNASI HUTANG2 SAYA SEBANYAK 175 JUTA DI BANK BRI.
    DAN SAYA SUDAH BUKA USAHA BERKAT MENANG NOMOR TOGEL YANG DI BERIKAN SAMA KI AKENG….

    -JIKA ANDA SERING KALAH DALAM BERMAIN TOGEL…
    -APAKAH ANDA TERMASUK DALAM KATEGORI DIBAWAH INI
    1. Di Lilit Hutang
    2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
    3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
    4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat.
    HUB KI AKENG DI NO: 0-8-2-3-7-2-7-1-7-1-7-9
    .ANGKA TOGEL YANG DIBERIKAN KI AKENG.TIDAK PERLU DIRAGUKAN LAGI.SAYA JAMIN 100% TEMBUS . SOAL YA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN 5X PUTARAN SAYA DIBANTUH
    DIJAMIN ANDA PASTI MENANG SEPERTI SAYA>>>>>>
    .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
    «´ Thanks sOb rOoMnyA ¨`»
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..
    SALAM KOMPAK SELALU….dan selamat buat yg JEPE hari ini…..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s