Ketoprak “Lontang Semarang Gugat”

Berita kematian “Guru Agung Syeh Siti Jenar” yang berubah menjadi “Asu Belang Yungyang” didengar Lontang Semarang salah satu murid Guru Agung Syeh Siti Jenar. Akhirnya Lontang Semarang beserta murid Syeh Siti Jenar dari Lemah Abang yang lain berusaha untuk mencari kebenaran berita tersebut ke Kasultanan Demak.

Sesampai di Demak rombongan Lontang Semarang dihadang Patih Wonosalam, Patih Kasultanan Demak dan tidak diperbolehkan menghadap Sultan Fatah karena saat itu bukan waktu “pisowanan”, dan akhirnya terjadilah peperangan antara rombongan Lontang Semarang dengan prajurit Kasultanan Demak, yang mengakibatkan jatuhnya banyak korban di pihak prajurit Demak.

Sementara di pendopo Kasultanan Demak, para Wali sedang membicarakan masalah matinya Syeh Siti Jenar yang berubah menjadi Asu Belang Yungyang, tiba-tiba Lontang Semarang sudah masuk ke pendopo tersebut untuk menanyakan kebenaran berita kematian dan dimana makam Syeh Siti Jenar. Para Wali tidak bisa dan tidak ada yang berani menjelaskan sebab musabab kematian dan makam Syeh Siti Jenar.

Setelah para Wali tidak bisa dimintai keterangan kebenaran matinya Syeh Siti Jenar, kemudian Lontang Semarang tapa pepe “klesedan” di Alun Alun Kudus sesuai saran Sunan Bonang yang menjanjikan akan diberi keterangan matinya Syeh Siti Jenar setelah “selapan dina” (36 hari).

Akhirnya yang bisa dan berani menjelaskan kepada Lontang Semarang makna “Asu Belang Yungyang” dan letak makam Syeh Siti Jenar adalah Sunan Kalijogo dari Kadilangu Demak. Makna Asu Belang Yungyang menurut Sunan Kalijogo adalah “ASU” artinya Agama Suci Utamakno, “BELANG” artinya setelah matinya Syeh Siti Jenar ada bau wangi maksreBEL terus iLANG, “YUNGYANG” artinya dipaYUNGi YANG Maha Kuwasa. Dan Sunan Kalijogo menunjukkan letak makam Syeh Siti Jenar di belakang pangimaman Mesjid Demak yaitu makam yang paling panjang.

Namun saat Lontang Semarang sedang sujud di makam Guru Syeh Siti Jenar, Sunan Kudus memerintahkan kepada muridnya untuk membunuh Lontang Semarang. Demikian juga matinya Syeh Siti Jenar karena diminta oleh Sunan Kudus. Dari legenda ini, kita bisa mencatat, tak satu pun aksi dilakukan Sunan Kudus sendiri, semuanya dikerjakan orang lain untuknya.

Nikmati Audio MP3 Ketoprak Konyik Cs “Lontang Semarang Gugat”, silahkan download disini atau silahkan download link dibawah ini :

Lontang_Smg_gugat_01.mp3
Lontang_Smg_gugat_02.mp3
Lontang_Smg_gugat_03.mp3
Lontang_Smg_gugat_04.mp3
Lontang_Smg_gugat_05.mp3
Lontang_Smg_gugat_06.mp3

Tentang admin

Sesuatu yang baik, belum tentu benar. Sesuatu yang benar, belum tentu baik. Sesuatu yang bagus, belum tentu berharga. Sesuatu yang berharga/berguna, belum tentu bagus.
Pos ini dipublikasikan di MP3 Ketoprak dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s