Ketoprak MP3 “Bedahe Ngerum”

Ketoprak Sri Kencono Budoyo “Serial Syeh Jangkung – Bedahe Ngerum”

Masih tentang Saridin (Syeh Jangkung) dalam perjalanan spririualnya.  Kali ini perjalanan Saridin memasuki wilayah Turki (Ngerum) yang kala itu tengah dirundung masalah.  Sultan Abukorim, Raja Turki yang berkuasa kala itu, belum didampingi permaisuri dirasakan oleh para sentana dan punggawa kasultanan sebagai hal yang sangat mengganggu dan berdampak pada kewibawaan Sultan.  Oleh karena itu, atas Bujukan Patih Johanpre Sultan Abukorim diminta untuk mencari puteri sebagai permaisuri Kasultanan Ngerum.  Patih Johanpre memperlihatkan gambar perempuan cantik dari seluruh penjuru dunia untuk dipilih oleh sultan.  Sudah banyak gambar yang diperlihatkan oleh Patih Johanpree mulai dari Puteri Jepang, Cina, India dan lain lain tetapi belum memenuhi harapan Sultan Abukorim, kecuali gambar seorang puteri yang berasal dari Tanah Jawa, puteri Sultan Agung Hanyakrakusuma, yang sangat menarik Hati Sultan Abukorim.

Patih Johanpre menolak ketika diperintah untuk melamar Putri Sultan Agung hanyakrakusuma tersebut.  Bahkan sudah berani memastikan bahwa Sultan Agung Hanyakrakusuma tidak akan menyerahkan puterinya jika dilamar oleh orang asing.  Lebih buruk lagi, Patih Johanpre menyarankan untuk menculik Putri Tamnah jawa tersebut.  Sekali lagi, dengan berbagai alasan Patih Johanpre juga menolak ketika diperintah untuk menculik Putri Sultan Agung Hanyakrakusuma.  Akhirnya, Sultan Abukorim sendiri yang harus melaksanakan rencana penculikan putri idamannnya itu.

Sementara itu, perjalanan laut Saridin dengan naik buah kelapa sampai di Pesisir Selatan tanah jawa dibawah wilayah kekuasaan Mataram.  Ketika tiba-tiba buah kelapa itu terdampar dipantai, naluri Saridin membisikkan akan adanya sebuah peritiwa besar di wilayah Mataram.

Sangat jelas, bahwa peristiwa ini terkait dengan penculikan puteri Sultan Agung Hanyakrakusuma oleh Sultan Ngerum, Abukorim.  Tapi bagaimana kejadiannnya?  Bagaimana Saridin bisa masuk ke wilayah Mataram?  Apakah Syeh Malaya (Sunan Kalijaga) masih berperan? Bagaimana hubungannya dengan judul lakon Bedhahing Ngerum? Berhasilkan Sultan Abukorim menculik Puteri Mataram?  Kenapa Patih Johanpre menolak menjalankan perintah Sultan Abukorim? dan masih banyak pertanyaan lain yang hanya bisa terjawab apabila anda mendengarkan secara runtut cerita ini.

Nah, meski saya sudah mendengarkan secara lengkap cerita ini, saya tak hendak menceritakan lagi kepada anda karena jika anda sudah mengetahui ceritanya, pasti anda tak akan mendownload file MP3 yang saya sediakan dan tujuan saya untuk berbagai seni ketoprak kepada anda, tidak tercapai. (Jaman Semana)

Link Undhuh MP3 Ketoprak Sri Kencono Budoyo “Bedahe Ngerum”

Tentang admin

Sesuatu yang baik, belum tentu benar. Sesuatu yang benar, belum tentu baik. Sesuatu yang bagus, belum tentu berharga. Sesuatu yang berharga/berguna, belum tentu bagus.
Pos ini dipublikasikan di MP3 Ketoprak dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Ketoprak MP3 “Bedahe Ngerum”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s