Jailangkung, permainan memanggil roh

Permainan memanggil roh, khususnya di Jawa sangat banyak. Salah satu yang sangat populer adalah Jailangkung. Permainan ini mudah dilaksanakan karena hanya menggunakan boneka buatan. Dialog yang dipakai adalah bahasa tulis. Bagiamana cara mengundang roh itu?

Jailangkung akan berhasil bila dimainkan di tempat-tempat angker. Apalagi boneka yang dipakai adalah siwur (gayung yang terbuat dari batok kelapa) bekas memandikan jenazah dan keranjang bunga bekas pemakaman. Untuk memainkan Jailangkung diperlukan sesaji khusus. Biasanya dalang permainan ini sudah mengetahui sesaji yang diperlukan.

Uniknya, dalam Jailangkung Anda bisa memilih jenis kelamin roh yang akan masuk ke boneka. Dandani boneka itu dengan baju sesuai keinginan Anda. Bila menginginkan roh perempuan yang masuk maka boneka didandani dengan baju perempuan. Begitu pula sebaliknya, bila Anda mengharapkan roh lelaki yang akan mengisi boneka Anda.

Dalam permainan Jailangkung tidak ada bahasa lisan. Komunikasi yang digunakan adalah bahasa tulis. Dengan demikian Jailangkung akan menulis jawaban-jawaban dari pertanyaan penonton. Dalam batas-batas tertentu, Jailangkung bisa diajak kompromi, asalkan Anda berkata dengan sopan dan sesajinya lengkap.

Kesulitan dalam permainan ini adalah jika roh yang masuk ke tubuh boneka adalah roh yang buta huruf. Akibatnya, pertanyaan-pertanyaan Anda tidak bisa dijawabnya. Kesulitan lainnya adalah jika roh yang masuk tidak mengetahui bahasa yang Anda gunakan. Sudah pasti komunikasi menjadi tersendat atau bahkan macet sama sekali.

Selain beberapa kesulitan di atas, permainan Jailangkung juga mengandung risiko yang cukup berbahaya. Bila yang masuk ke tubuh boneka adalah roh jahat maka roh itu akan meminta persyaratan yang aneh, yang kadang-kadang sulit dipenuhi. Atau bisa pula roh tersebut marah dan memukul dengan kepalanya bila mendengar pertanyaan-pertanyaan iseng dari penonton.

Jika menghadapi situasi seperti itu, dalang harus bertindak cepat mengusir roh tersebut. Caranya, dalang akan mencambukkan padi atau daun sirih ke tubuh boneka. Otomatis, roh yang merasuk ke boneka itu akan pergi. Ingat, bila anda ingin memainkan Jailungkung, pemuhi sesaji dan syarat yang diminta agar Anda bisa menekan risiko sekecil mungkin.

Tentang admin

Sesuatu yang baik, belum tentu benar. Sesuatu yang benar, belum tentu baik. Sesuatu yang bagus, belum tentu berharga. Sesuatu yang berharga/berguna, belum tentu bagus.
Pos ini dipublikasikan di Asal - Usul dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s